Saturday, September 24, 2011

Mahmoud Abbas: Saatnya Palestina Merdeka
Mahmoud Abbas berpidato di forum PBB. Dia mendesak pengakuan kemerdekaan Palestina.

Sabtu, 24 September 2011, 00:42 WIB
Eko Huda S, Gestina Rachmawati
Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Presiden AS Barack Obama (Reuters/Kevin Lamarque)

VIVAnews - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mendesak PBB untuk mengakui Palestina sebagai anggota penuh. Desakan itu disampaikan dalam pidato bersejarahnya di Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari laman CNN, Abbas mengatakan, Israel terus menghalangi perdamaian, sehingga ini adalah waktu yang tepat bagi PBB untuk bertindak.

“Kami bercita-cita untuk mendapat peran yang lebih besar dan lebih efektif bagi PBB. Untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprejensif yang menjamin wilayah kami, hak asasi nasional yang sah bagi rakyat Palestina,” kata Abbas dalam pidatonya. Ucapan Abbas itu disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Pidato tersebut menyedot perhatian di Timur Tengah. Ratusan penduduk di Ramallah berkumpul dan menonton pidato itu bersama-sama. Mereka bersorak karena presidennya secara resmi telah mengajukan permintaan kenegaraan.

“Cukup, cukup, cukup. Ini saatnya Palestina untuk merdeka,” kata Abbas.

Abbas secara resmi telah menyatakan kepada dunia bahwa rakyat Palestina, yang selama ini ditekan dan dijajah, ingin menyatakan kemerdekaannya. Kurang dari satu jam setelah Abbas mengakhiri pidatonya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diharapkan untuk memberikan pidato tanggapan. (art)

• VIVAnews

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda