Thursday, August 18, 2011

Pembagian Zakat Mengapa Selalu ricuh....?

     Pembagian Zakat memang adalah hak Pribadi dan bahkan diwajibkan bagi umat islam apalagi menjelang lebaran, tapi haruskah niat yang mulya ini harus dinodai dengan kericuhan dan adanya korban?
pembagian zakat ini tujuannya adalah memberikan sebagian dari rezki kita kepada orang yang membutuhkan yaitu anak-anak yatim-piatu, dan yang tidak mampu, biar mereka bisa ikut merasakan hari kemenangan agar suara takbir bukan menjadi irama tangisan mereka untuk menyambut hari kemenangan (lebaran).
   
 Biarkanlah mereka bisa merasakan bagaimana nikmat yang kita rasakan selama setahun ini bisa juga dirasakan oleh mereka walaupun cuma 1 kali dalam satu tahun, anda bisa makan dengan beras yang enak selama ini berikan lah zakat beras seperti yang anda makan .atau anda mempunyai rezki lebih berikanlah sebahagian hartra anda agar mereka bisa tertawa dan ikut berbaur dengan saudara-sauadaranya yang lain di hari lebaran tanpa harus malu karena mereka tidak mempunyai uang untuk membeli pakaian seperti saudara-saudaranya yang lain..


Pastikanlah mereka mendapat hak mereka, Jadikanlah pembahagian zakat itu semata-mata karena allah bukan karena yang lain, sehingga niat tersebut hanya mengharapkan semata-mata Ridho dari Allah dan bukan "RIA". Jadi seandainya kita mempunyai rezki lebih dan mampu memberi zakat yang lebih mengapa tidak disalurkan ke mesjid, atau seperti didaerah saya, mereka membagikan sarung, uang atau pakaian langsung mengantarkan kerumah dan syukur allhamdullillah sampai sekarang tidak ada terjadi masalah, dan ini masih berlangsung sampai sekarang..dan bisa dibayangkan bila hal serupa dilakukan dilingkungan masing-masing. dan tidak mungkin bisa juga terjadi di sekolah, tempat kerja atau apalah. Mungkin itu akan lebih baik, baik itu bagi yang memberi zakat atau yang menerima, sipemberi akan merasa lega karena telah menyampaikan  kepada yang berhak menerima, dan yang menerima akan merasa bersyukur sekali karena bisa mendapatkan apa yang seharusnya mereka terima, dan mudah-mudahan rasa syukur dan ucapan terimakasih kasih mereka menjadi berkah bagi anda dan usaha anda.


Tapi coba kita lihat di Televisi atau berita di media, bukannya zakat yang mereka dapatkan melainkan penyakit, ada yang jatuh pingsan, luka-luka, terhimpit dan lain sebagainya, seakan tak sebanding dengan apa yang bakal mereka terima. Semoga menjadi perhatian bagi dermawan yang ingin berzakat. " Jadikanlah Zakat itu sebagai berkah bagi yang berhak menerimanya dan bukan bencana, sehingga jadi doa buat anda dari mereka dan bukan umpatan atau malapetaka..

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda