Tuesday, October 4, 2011

11 Mobil Super Milik Diktator Afrika Disita


11 Mobil Super Milik Diktator Afrika Disita

Salah satu mobil yang disita adalah Ferrari Enzo dan Ferrari 599 GTO.

Selasa, 4 Oktober 2011, 17:07 WIB
Sandy Adam Mahaputra
VIVAnews - Punya mobil super mewah dengan harga selangit tentunya menjadi impian setiap orang. Namun, apa jadinya jika mobil itu harus 'dirampas' oleh pengadilan, karena pemiliknya terbukti memperoleh mobil dari hasil korupsi.

Hal itulah yang dialami Teodorin Obian, anak Obiang Nguema Mbasogo, Presiden Equatorial Guinea, sebuah negara di kawasan Afrika Tengah.

Seperti dilansir Jalopnik, Selasa 4 Oktober 2011, salah satu mobil yang disita adalah Ferrari Enzo dan Ferrari 599 GTO. Bahkan, salah satu fotografer Alexsmolik berhasil mengabadikan polisi saat mengangkut 11 mobil milik Teodorin ke atas truk.

Teodorin, dikenal sebagai pemilik beberapa lusin mobil supermahal di Malibu dan beberapa tempat peristirahatan mewah di beberapa negara. Namun, semua harta itu disinyalir diperoleh dengan cara yang tak halal alias korupsi. Pengadilan pun merampasnya, termasuk pengadilan di Paris, Prancis.

Kekayaan Teodorin, tidak terlepas dari peran ayahnya, Mbasogo yang telah memerintah selama 32 tahun. Kediktatoran pun berakhir ketika pengadilan internasional menghukumnya, karena terbukti telah korupsi untuk memperkaya diri dan sanak keluarganya.

Mbasogo memang dikenal royal di luar negeri dan gemar berfoya-foya. Dia juga tercatat sebagai pemesan kapal pesiar seharga US$320 juta atau sekitar Rp2,84 triliun.

Selama 50 tahun merdeka, Equatorial Guinea dikenal sebagai negeri yang kaya minyak. Namun, sayangnya, penduduk di negara itu hidup dalam kemiskinan dan kelaparan.

Adapun 11 mobil yang dirampas di Paris, Prancis, itu terdiri dari Ferrari Enzo dan Ferrari 559 GTO, Bugatti Veyron, termasuk sebuah Bugatti Veyron Grand Sport warna merah yang sebagian besar berlapis krom.
Kemudian Aston Martin One-77 dan Lemans V8 V600, Maserati MC 12, Porsche Carerra GT, Rolls Royce, dan beberapa mobil lain yang total jumlahnya mencapai 11 unit.

• VIVAnews                                 

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda