Sunday, November 30, 2014

MENGAPA FROFESIONAL TIDAK “'MENEMBAK UNTUK MELUKAI“





Akhir akhir ini banyak media diseluruh dunia menyoroti dan memprotes kasus atas penembakan seorang pemuda kulit hitam (Mike Brown) yang ditembak oleh seorang petugas (Darren Wilson). peristiwa itu bermula ketika Brown menyerang wilson ketika sang petugas masih duduk dimobilnya. Setelah menyerang Brown lalu melarikan diri dan kemudian berbalik arah mendekati petugas Wilson ketika petugas tersebut mengejarnya. Sewaktu Brown mendekat, Wilson memperingatkan Brown  kembali untuk berhenti. namun Brown yang bertubuh besar itu tidak menghiraukan walaupun petugas Wilson telah melepaskan tembakan dan memberikan peringatannya, namun Brown terus mendekat berusaha menyerang dan ingin merampas senjata petugas Wilson. Brown akhirnya roboh setelah menerima 6 kali tembakan.
 
Sebenarnya ini adalah kasus kriminal murni, bukan ras, atau racisme, kebetulan saja korban berkulit hitam, dan seandainya sikorban adalah orang kulit putihpun petugas akan melakukan hal yang sama, jadi secara rasional tindakan petugas dari Ferguson tersebut adalah pilihan yang tepat pada saat itu karena merasa nyawanya terancam.

Petugas bukan mau menangkap pencuri yang sedang kabur sehingga memerlukan tembakan peringatan atau tembakan peringatan dikaki, tapi dalam hal ini jarak petugas dan korban adalah begitu dekat dan bahkan membahayakan dirinya.

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda