Wednesday, March 11, 2015

AIR TERJUN CURUG SETTAWING JONGGRANGAN - Jonggrangan, Girimulyo, Kulonprog








Air terjun setawing berada didaerah Jonggrangan, Girimulyo, Kulonprogo. Akses ke tempat lokasi ini mudah,tepatnya berada di belakang pasar jonggrangan girimulyo atau jalan utama menuju gua kis kendo, dari pasar masuk jalan stapak kurang lebih 500m. 

air terjun Jongrangan ini biasa disebut oleh warga dengan Gerojogan/Curug ngisor tawing, karena air terjun (Grojogan) ini berada dibawah Tawing (Tebing).

Untuk menuju air terjun ini agan mesti melewati jalan setapak cor semen. Lokasi air terjun dari tempat parkir motor kurang lebih berjarak 100 meter. Walaupun motor bisa anda pakai kebawah sampai keair terjun, namun demi keamanan dan kenyamanan sebaiknya motor anda titipkan  di area parkir yang sudah tersedia.

Kita bisa menikmati hijaunya pepohonan dan persawahan yang berada disekitar. 

bentuk air terjun ini berupa undakan atau seperti anak tangga, sehingga efek percikan air yang disertai hembusan anginya sangat terasa ketika air yang turun menabrak setiap undakan tersebut. Tapi sayang debit airnya tergantung cuaca dfimana debit air yang banyak akan terjadi hanya pada saat musim penghujan dan ketika musim kemarau air hanya kecil karena sumber air yang berada diatasnya sudah habis untuk kebutuhan masyarakat sehari hari. 
Air terjun ini resmi dibuka untuk untuk wisata di mulai dari akhir tahun 2014 ini.




 




No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda