Friday, March 30, 2012

Salip Komodo, Halong Bay Resmi New7Wonders

Tiga dari tujuh pemenang sementara telah terkonfirmasi. Pulau Komodo masih menunggu.
Jum'at, 30 Maret 2012, 10:42 WIB
Elin Yunita Kristanti 
VIVAnews - Setelah Pulau Jeju dan sungai bawah tanah Puerto Princesa, penyelenggara ajang tujuh keajaiban baru dunia, New7Wonders mengumumkan jagoan Vietnam, Halong Bay, menjadi juara berikutnya.


"Pemandangan laut spektakular Halong Bau adalah salah satu kekayaan paling berharga di dunia," kata pendiri sekaligus pimpinan New7Wonders, Bernard Weber kepada VIVAnews.com, Jumat 30 Maret 2012.


Ajang inagurasi Halong Bay akan diselenggarakan dua kali, pada 27 April di Hanoi dan 1 Mei di Halong Bay. Weber mengucapkan selamat pada para pendukung Halong Bay, baik yang berada di Vietnam, maupun di seluruh dunia.


"Situs ini memiliki keindahan dan keunikan luar biasa. Ada formasi batuan yang secara dramatis muncul dari air laut yang tenang, sejernih cermin, membuatnya layak mendapatkan predikat Keajaiban Alam Dunia," kata Weber.


Banyaknya dukungan bagi Halong Bay, dia menambahkan, menjadi penguat keyakinan rakyat Vietnam selama ini terhadap kekayaan alam yang dibanggakan dan dihargai dari generasi ke generasi. "Dengan menggunakan sumber daya dari New7Wonders, kami memastikan bahwa masyarakat dunia akan lebih mengenal kemegahan Halong Bay," kata Weber.


Halong Bay terletak di Provinsi Quang Ninh, Vietnam. Kawasan ini terdiri dari beberapa pulau kapur. Bentuknya pun unik dan beraneka ragam.


Panjang pantainya mencapai sekitar 120 km dan luasnya sekitar 1.553 kilometer persegi dengan jumlah pulau mencapai 1.969 buah. Beberapa pulaunya berlubang membentuk gua-gua yang sangat besar.


Halong Bay yang merupakan perairan dangkal menjadi tempat hidup bagi 200 jenis ikan dan 450 jenis moluska.
Sebelumnya, New7 Wonders mengumumkan tujuh pemenang sementara, yakni Amazon, Halong Bay, Iguazu Falls, Puerto Princesa Underground River, Table Mountain, dan jagoan Indonesia, Pulau Komodo. Baru tiga terkonfirmasi, sisanya masih menunggu.
10 Besar Finalis New7 Wonders of Nature


Sebelumnya, duta untuk Komodo, Jusuf Kalla yakin Komodo akan lolos verifikasi. "Saya yakin, kita tidak ada soal dalam verifikasi tersebut, karena jumlahnya cukup besar," kata Kalla.


Kalla akan menggalang pengusaha-pengusaha nasional untuk berinvestasi guna membangun infrastruktur yang mendukung di sekitar Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. "Kami akan mendorong teman-teman pengusaha bersama-sama untuk berinvestasi dan membangun infrastuktur yang baik di Flores, NTT," imbuhnya. (kd)




• VIVAnews

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda