Wednesday, October 24, 2012

Kiat Agar Anak Tumbuh Aktif


Anak yang aktif adalah anak yang sehat dan cerdas. Bila Anda memiliki balita yang aktif, maka itu patut disyukuri. Sayang, selama ini banyak orangtua yang justru menganggap bahwa anak yang aktif itu berarti nakal. Padahal, “kenakalan-kenakalan” yang mereka perbuat sebenarnya adalah bagian dari upaya mereka untuk belajar.
Nah, pemahaman tersebut perlu diluruskan agar anak tidak menjadi korban. Anak tidak boleh terlalu dikekang, sebab hal tersebut bisa berakibat buruk pada perkembangan mentalnya. Keaktifan anak perlu didukung agar kecerdasan emosional dan fisiknya tumbuh optimal.
Khusus untuk balita yang terlihat kurang aktif, orangtua perlu melakukan langkah-langkah efektif untuk merangsang keaktifannya. Untuk itu, Anda bisa mencoba menerapkan kiat-kiat berikut ini.
Ajak balita bermain di luar rumah. Misalnya ke taman kota atau taman bermain di kompleks rumah. Lebih utama lagi ke tempat yang ada hamparan rumput lebat. Lingkungan itu akan merangsang balita untuk bergerak ke sana-kemari. Biarkan ia bergerak dengan bebas, seperti melompat, berlari, atau bahkan berguling-guling. Hal itu akan melatih kemampuan motoriknya.
Bila bajunya kotor, itu adalah hal yang tidak perlu dirisaukan, sebab pelajaran yang didapat si kecil jauh lebih berharga. Saat ia sedang asyik bermain, jagalah ia dengan baik. Kita tidak boleh lengah sedikitpun agar keselamatan si kecil tetap terjamin.
Undang teman-temannya untuk bermain. Balita biasanya menjadi lebih aktif bila ada teman-temannya. Anda bisa menyiapkan sebuah kolam karet, lalu mengundang teman-teman si kecil untuk bermain air bersamanya. Ini akan membuat si kecil ceria, dan ia bisa bergerak lebih banyak daripada bermain sendirian.
Lakukan aktivitas bersama di dalam rumah. Terkadang kita menemui kondisi yang membuat kita tidak bisa keluar rumah, misalnya hujan deras atau cuaca terlalu panas. Untuk itu, kita bisa menyiasatinya dengan beraktivitas bersama si kecil di dalam rumah. Coba setel musik kesukaan mereka, lalu ajak ia berjoget dengan riang. Atau bisa juga bermain “perburuan harta karun”.
Bagaimana caranya? Nah, bisa dengan menyembunyikan benda-benda tertentu di dalam rumah, lalu ajak buah hati Anda untuk mencarinya bersama-sama. Bila berhasil terkumpul semua, beri hadiah sederhana untuknya, misalnya makanan kecil kesukaannya. Tentunya yang sehat, bergizi, dan aman bagi tubuhnya. (revista-shop.com)

sumber :  http://revistashop.wordpress.com/2012/10/23/kiat-agar-anak-tumbuh-aktif/

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda