Wednesday, October 24, 2012

Pose Yoga untuk di Kantor

Pose Yoga untuk di Kantor

Bekerja merupakan rutinitas yang menjadi keseharian bagi orang-orang di usia muda hingga usia tua. Perkantoran menjadi salah satu tempat yang penuh dengan karyawan-karyawan yang menghabiskan waktu selama berjam-jam di meja nya. Dengan jam kantor yang dimulai dari jam 8 hingga jam 5, dapat menimbulkan ketegangan dan otot-otot yang kaku. Apalagi jika anda hanya diam di meja dan duduk di kursi sepanjang hari, postur dan cara duduk juga akan menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan anda. Tingginya mobilitas pekerjaan, tentunya dapat melakukan latihan atau peregangan akan menjadi sesuatu hal yang dapat meningkatkan stamina kerja anda kembali. Berbagai latihan dapat anda lakukan di kantor untuk meningkatkan kenyamanan anda dalam bekerja. Di sela-sela waktu yang anda punya, melakukan praktek yoga untuk di kantor merupakan salah satu solusi latihan yang dapat dilakukan di tempat kerja untuk memberikan peregangan pada tubuh anda.
mengatasi rasa penat dengan yogaPose yoga untuk di kantor dapat dilakukan di ruangan kerja anda; gerakan-gerakan yang dilakukan juga sederhana sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pose yoga ini. Tingkat stress yang tinggi di tempat kerja merupakan salah satu bagian dari efek yang anda alami; adanya tuntutan pekerjaan ataupun deadline kerja yang harus dipenuhi akan membuat pikiran menjadi tertekan. Dengan menyempatkan diri untuk melakukan latihan anda akan menemukan semangat baru, meningkatkan stamina, dan lebih memberikan energi baru dalam melanjutkan sisa hari anda dalam menyelesaikan semua pekerjaan.
Beberapa bentuk latihan pose yoga untuk di kantor juga disarankan; tidak hanya untuk memberikan manfaat fisik saja tetapi juga dapat meningkatkan dan mempertajam daya pikiran sehingga akan memberikan peningkatan efisiensi dalam kerjaan. Sementara itu, yoga juga memberikan manfaat dalam membenarkan postur tubuh anda; sangat penting menjaga postur tubuh bahkan di saat anda duduk karena terdapat resiko terhadap back pain. Oleh karena itu sikap duduk saat anda bekerja juga harus diperhatikan agar tidak menimbulkan cedera dan berpengaruh pada kesehatan anda di kemudian hari. Selain melakukan beberapa pose yoga; peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas juga dapat dilakukan di saat anda selesai bekerja atau bahkan melakukan yoga di pagi hari di saat sebelum anda berangkat ke kantor.
Pada saat bekerja, mungkin anda akan duduk di depan computer sangat lama. Hal ini memberikan ketegangan dan kekakuan pada otot terutama area leher, punggung, pundak dan bahu. Yoga yang dilakukan dapat disesuaikan dengan keinginan anda untuk mendapatkan peregangan di daerah tertentu pada bagian tubuh anda misalnya pada pergelangan tangan (bisa menerapkan yoga for hands), peregangan pada leher, atau pun pada bahu. Yoga dapat memberikan relaksasi pada tubuh; dalam yoga juga terdapat latihan pernapasan yang dapat menurunkan ketegangan atau pun menurunkan tingkat stress di saat kerja.
Melakukan praktek yoga di kantor juga dapat dilakukan secara bersama-sama; walaupun anda harus menyesuaikan dengan jadwal teman kerja yang lain. Akan tetapi kegiatan ini dapat menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan walaupun hanya dalam waktu beberapa menit. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan manfaat dalam membina hubungan dengan rekan kerja dan juga dapat meningkatkan kekompakan sesama tim. Berbagi energy positif di kala kerja juga tidak ada salahnya terlebih lagi pose yoga untuk di kantor memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.
pose-pose yoga yang dapat dilakukan di kantorBeberapa pose yoga yang dapat diterapkan di kantor; bahkan di saat anda masih berada di belakang meja kerja adalah:
  • Eagle pose; posisi anda dalam keadaan duduk dengan posisi punggung lurus. Jika eagle pose diterapkan pada umumnya dilakukan dengan posisi berdiri; disini pose ini dapat dimodifikasi sambil duduk. Disini posisi tangan diletakkan di depan dada dengan posisi 90 derajat dan kemudian tangan kanan saling menyilang ke tangan kiri dengan kedua telapak tangan disatukan. Kemudian kedua posisi kaki saling disilangkan terpaut satu sama lain. Pose ini dilakukan untuk memperkuat trisep, otot panggung dan bahu.
  • Twist pose; pose ini dilakukan di kursi dengan meletakkan tangan anda di pegangan kursi dan kemudian perlahan putar badan anda ke samping. Tetap pertahankan posisi tubuh dan kaki anda ke depan; jadi disini hanya bagian dada dan bahu yang memutar ke samping. Rasakan peregangan pada tulang belakang, area dada dan bahu anda. Lakukan posisi ini dengan tubuh memutar ke kiri; tahan beberapa saat dan kemudian lakukan arah sebaliknya.
  • Mountain pose; posisi ini dapat dilakukan dengan duduk tegak dengan punggung lurus. Kemudian secara perlahan naikkan tangan ke atas hingga posisi tangan anda lurus ke atas menghadap langit-langit dengan posisi kepala menghadap ke atas. Rasakan peregangan pada lengan anda, bahu, serta area tengkuk leher.
  • Standing forward bend pose; pose ini dapat dilakukan di kantor dengan melakukan beberapa modifikasi. Berdirilah dari kursi anda dan mundur beberapa langkah dari meja anda, usahakan jarak anda dengan meja masih dalam jangkauan tangan anda. Disini meja akan digunakan sebagai alat bantu dengan meletakkan tangan di meja kemudian secara hati-hati dorong tubuh anda ke bawah hingga posisi tubuh lurus sejajar meja. Posisi kaki dibuka lebar sehingga disini anda akan merasakan adanya peregangan pada area tulang belakang, leher, kaki serta pundak. Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat beberapa contoh pose yoga dengan gambar sehingga posisi yang dilakukan benar.
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pose yoga dengan posisi duduk adalah perhatikan posisi anda; apakah telah duduk dengan posisi yang benar, posisi kursi anda dalam kondisi datar dan tidak membahayakan; serta jika memungkinkan lakukan yoga dengan melepas sepatu anda.
Untuk masing-masing pose dapat dilakukan dan tahan dalam beberapa hitungan napas antara tiga hingga lima napas; tetapi tetap dapat dilakukan sesuai dengan kondisi anda yang dapat membuat anda merasa lebih nyaman.

sumber :  http://www.indotopinfo.com/pose-yoga-untuk-di-kantor.htm

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda