Wednesday, October 24, 2012

Peregangan untuk Meningkatkan Fleksibilitas

Peregangan untuk Meningkatkan Fleksibilitas

Latihan Yoga dengan Melakukan Peregangan Untuk Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh
Latihan Yoga dengan menerapkan beberapa peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas merupakan salah satu tujuan yang dapat dipraktekkan oleh siapa saja. Dalam tiap sesi latihan yoga biasanya juga menerapkan latihan pernapasan untuk memberikan manfaat pada kesehatan dan juga memberikan peningkatan pada fleksibilitas otot. Tiap pose-pose yoga yang dilakukan selalu diimbangi dengan konsentrasi pada pernapasan; hal ini juga dilakukan pada saat melakukan peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas baik pada saat melakukan peregangan pada bahu, kaki, tangan, atau leher. Secara umum; salah satu manfaat dari yoga adalah meningkatkan fleksibilitas tubuh anda. Kebanyakan orang beranggapan dalam melakukan peregangan pada yoga, mereka harus melakukan gerakan-gerakan yang dilakukan seperti para atlet dimana membutuhkan badan yang lentur serta hanya bisa dilakukan oleh para kawula muda. Tentu saja ini tidaklah benar, karena berapa pun usia anda tidak pernah ada kata terlambat untuk melakukan latihan yoga.
meningkatkan fleksibilitas tubuhAdanya kesadaran dalam melakukan gerakan serta kontrol pada pernapasan memberikan manfaat tambahan dalam mengembangkan fleksibelitas otot pada tubuh. Dengan bernapas secara baik akan memungkinkan otot anda melakukan peregangan dengan lebih maksimum sehingga akan meningkatkan fleksibilitas dan control secara menyeluruh. Serangkaian yoga asanas yang dilakukan pada umumnya akan memberikan peregangan pada otot anda, hal ini juga akan mengurangi adanya kekakuan, ketegangan atau mungkin kelelahan yang anda rasakan. Adanya perubahan dengan melakukan stretches to improve flexibility ini mungkin tidak akan dirasakan dalam waktu singkat; akan membutuhkan waktu beberapa minggu jika anda berlatih dengan rutin.
Dalam berlatih yoga, anda tidak memerlukan banyak perlengkapan. Hal yang terpenting adalah motivasi dan kedisiplinan dari diri sendiri. Keinginan untuk belajar dan memahami berbagai manfaat dari setiap pose-pose yoga yang dilakukan dapat membuat anda menjadi lebih mengerti untuk mencapai tujuan tertentu yang anda inginkan ketika berlatih yoga. Ada banyak pose-pose yoga yang dapat memberikan manfaat dalam meregangkan dan melenturkan tubuh; semua pose memiliki manfaat meningkatkan kesehatan secara umum.
Tipe-tipe dari Berbagai Jenis Yoga Style juga dapat memberikan efek yang berbeda dalam meningkatkan fleksibilitas pada masing-masing orang. Pada restorative yoga misalnya; penerapan pose-pose yoga dilakukan dengan menggunakan alat peraga seperti bantal, selimut, handuk, dll yang dapat mendukung tubuh. Pose-pose yoga yang dilakukan akan dimodifikasi dengan memakai alat peraga untuk mengatasi ketegangan oto yang dirasakan akibat kegiatan sehari-hari. Anda akan merasakan otot-otot anda menjadi lebih rileks dan pada saat anda melakukan peregangan, fleksibelitas anda pun semakin meningkat.
Sementara pada jenis yoga lainnya seperti Bikram yoga; dengan praktek nya yang dilakukan di ruangan yang dipanaskan hingga kurang lebih 100 derajat akan membuat otot menjadi lebih hangat dan lebih mudah dalam melakukan peregangan. Hal ini membuat otot menjadi lebih mudah dalam merespon melakukan peregangan, melakukan perpindahan antara satu pose ke pose lainnya sehingga manfaat yang terasa untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh menjadi lebih cepat.
melakukan peregangan pada tubuhPeregangan untuk meningkatkan fleksibilitas tidak hanya memberikan fleksibilitas pada otot-otot tubuh tetapi juga dapat membuat otot tendon dan ligament menjadi lebih kenyal dan kuat. Beberapa latihan peregangan yang simple dapat dilakukan bahkan pada saat anda berada di rumah. Masing-masing pose-pose yoga yang dilakukan memberikan tujuan dalam meningkatkan fleksibilitas pada bagian tertentu dari tubuh. Berikut beberapa keterangan dari pose-pose yoga yang dapat meningkatkan fleksibilitas.
Downward Facing Dog pose; pose ini dilakukan dengan posisi badan menghadap ke bawah dengan bertumpu pada tangan dan kaki; merupakan salah satu yoga pose yang cukup populer untuk dilakukan. Selain memberikan manfaat dalam meningkatkan kekuatan lengan atas dan bahu, pose ini juga memberikan peregangan pada punggung dan kaki; dan juga meningkatkan fleksibilitas pada bagian tersebut.
Triangle Pose; pose ini dilakukan dengan posisi berdiri dan posisi kaki dibuka lebar dimana kemudian secara perlahan tangan kanan turun ke bawah hingga menyentuh lantai, seiring dengan itu posisi badan miring dan tangan kiri ke arah atas, posisi kepala menghadap ke atas. Peregangan akan dirasakan pada posisi paha baik otot paha depan maupun belakang.
Big Toe Pose; posisi ini memberikan efek peregangan dan meningkatkan fleksibilitas pada paha belakang serta pinggul. Pose ini dilakukan dengan cara posisi awal pada posisi berdiri kemudian kaki dibuka selebar bahu, kemudian anda membungkuk dengan posisi tangan berusaha menyentuh jari kaki, posisi badan menyentuh paha anda. Tahan posisi ini selama beberapa detik sebelum kembali ke posisi awal.
Cow Face Pose; pose ini meningkatkan fleksibilitas tubuh pada bagian bahu, pinggul, serta pada tulang belakang. Pose ini dilakukan dalam posisi duduk, dimana salah satu kaki ditekuk dan diletakkan menyilang terhadap kaki yang satunya lagi. Sementara itu posisi tangan menyilang di belakang punggung dengan satu tangan dari posisi atas, dan tangan yang satunya lagi dari posisi bawah; saling berpegangan di belakang punggung.
Peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas pada yoga dapat dirasakan meningkat dari waktu ke waktu. Peregangan yang dilakukan aman dan tidak beresiko cedera; selain itu yoga juga membantu dalam meningkatkan stabilitas, meregangkan otot, serta membuat tubuh menjadi lebih rileks. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada baiknya jika anda mengikuti kelas yoga. Disini anda akan dibantu sehingga lebih mengerti tahap-tahap yang dilakukan setelah selesai melakukan suatu yoga pose.

sumber :  http://www.indotopinfo.com/peregangan-untuk-meningkatkan-fleksibilitas.htm

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda