Wednesday, October 24, 2012

Dasar dari Yoga Poses

Dasar dari Yoga Poses 

Dasar dari yoga Poses – Basic yoga Asanas

Yoga merupakan salah satu alternative latihan yang efektif untuk menjaga tubuh dan pikiran dalam keadaan sehat. Perubahan dan manfaat dari yoga tentunya dapat anda rasakan dengan melakukan latihan yoga secara teratur dan konsisten. On these days, praktek yoga telah banyak dilakukan oleh orang-orang pada umumnya maupun para selebriti. Daya tarik dari manfaat yoga yang menjadi alasan untuk berlatih yoga, selain untuk kesehatan adalah untuk menurunkan berat badan. Tentu saja penurunan berat badan ini tidak bisa secara instan, tetapi anda harus melakukan beberapa basic yoga asanas yang dilakukan secara rutin.
yogaMenurunkan berat badan dengan berlatih yoga memang dapat dilakukan dan hal ini juga tergantung pada types of yoga yang anda pilih. Disamping mendapatkan bentuk badan yang great, anda juga mendapatkan tubuh anda lebih segar dan lebih bugar. Health benefits of yoga memang sangat banyak, jadi anda tidak hanya mendapatkan satu tujuan anda saja yang terpenuhi tetapi juga merasakan aspek lain dari praktek yoga. Bagi orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, biasanya untuk melakukan latihan yoga disarankan agar didampingi oleh yoga instruktur atau dapat mengikuti yoga therapy yang memang khusus ditujukan untuk menangani orang-orang yang mengalami obesitas. Cara ini merupakan salah satu cara yang alami dan tidak membahayakan kesehatan dengan mengkonsumsi obat-obat pelangsing. Dengan adanya panduan dari yoga instruktur, penderita obesitas dapat melakukan yoga poses yang aman untuk kapasitas mereka sehingga resiko untuk cedera dapat dihilangkan.  Berat badan yang turun secara alami biasanya cenderung lebih permanen dan stabil beratnya sehingga tidak cepat naik lagi seperti hal nya mengkonsumsi obat diet yang ketika dihentikan, berat badan kembali naik.
Menurunkan berat badan memang tidak mudah, membutuhkan tekad dan niat yang kuat untuk dapat melakukan suatu latihan dengan rutin. Hal ini membutuhkan sikap yang benar agar dapat membuat perubahan pada diri sendiri. Melakukan beberapa basic yoga asanas akan membantu dalam membakar lemak dan memulai metobalisme anda serta membangun otot-otot pada tubuh. Praktek yoga yang bertujuan untuk menurukan berat badan ada beberapa jenis yoga seperti power yoga, Ashtanga yoga, Bikram Yoga, Hot Yoga,etc.
Beberapa basic yoga asanas berikut juga dapat dilakukan secara rutin dan dapat menghilang berat badan secara efektif adalah:
Cobra Pose; pose ini merupakan salah satu pose yang juga ditujukan untuk beginners. Pose ini focus pada bagian belakang dan dapat mengembangkan trisep, otot perut, dan juga bahu. Pose ini dilakukan dengan posisi berbaring dan menghadap ke tanah, letakkan tangan disamping sisi badan anda. Secara perlahan, posisikan tangan ke samping dada untuk dijadikan tumpuan. Perlahan angkat posisi dada dan kepala setinggi mungkin hingga posisi lengan tegak lurus. Kepala menghadap ke atas, dorong dada ke arah luar kemudian tahan posisi ini beberapa saat dan kembali ke posisi semula. Gerakan ini dapat diulangi beberapa kali.
Downward facing dog; pose ini dilakukan dengan menghadap ke bawah dengan bertumpu pada tangan dan kaki. Posisi kaki dibuka hingga selebar bahu, kemudian secara perlahan menjatuhkan badan ke depan dengan bertumpu pada tangan. Posisi kepala menghadap kebawah, luruskan posisi punggung, tangan dan kaki kemudian posisi pinggul ke atas. Dengan melakukan pose ini secara rutin dapat membuat tubuh bagian atas lebih kuat dan lebih ramping karena mendukung berat badan anda, memperkuat otot tangan, lengan, dan paha. Yoga asana ini bertujuan untuk meningkatkan metabolisme anda. Tahan posisi ini selama beberapa saat dalam beberapa kali hitungan napas; dengan melakukan pose ini tubuh anda akan menyeimbangkan berat badan anda antara lengan dan kaki, dan jika dilihat secara kasat mata posisi ini akan terlihat seperti huruf V dengan posisi terbalik.
Plank pose; pose ini bertujuan untuk memperkuat otot lengan dan otot inti seperti otot perut. Merupakan salah satu basic yoga asanas yang juga dapat menurunkan berat badan. Posisi ini dilakukan seperti ketika anda hendak melakukan push up, dimana tumpuan badan diletakkan pada tangan dan jari-jari kaki. Posisi tangan lurus, badan lurus seperti papan, dan posisi kaki bertumpu di jari kaki. Disini anda akan merasakan adanya kontraksi otot lengan dan otot perut dimana perut akan ditekan ke dalam dan ditarik ke atas, berat badan didistribusikan merata. Cobalah tahan posisi ini beberapa detik, dan kemudian rasakan efeknya.
Contoh basic yoga asanas di atas hanyalah beberapa contoh yoga asanas yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Perlu diperhatikan juga ketika mengikuti kelas yoga, perhatikan jenis yoga yang anda ambil. Beberapa jenis yoga akan lebih baik dilakukan untuk mengurangi tingkat stress dan membantu relaksasi sehingga jenis ini tidak melakukan latihan cardio yang dapat menurunkan berat badan. Untuk mencapai berat badan yang ideal dan sesuai dengan target anda, maka factor yang penting untuk dimiliki adalah konsistensi dalam menjalankannya, tidak hanya berlatih secara rutin tetapi juga dapat menjaga pola makan anda sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal.
dasar dari yoga posesAda baiknya anda melakukan goal setting untuk menetapkan target penurunan berat badan dan berat badan yang ingin diturunkan dalam beberapa tahap. Penurunan berat badan secara drastis juga tidak baik untuk kesehatan. Yoga for weight loss sangat aman untuk kesehatan anda, karena berat badan akan turun secara bertahap jika anda rutin berlatih yoga.
Berlatih yoga tidak hanya dapat dilakukan di kelas, yoga at home juga dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa panduan yang dapat diperoleh dari DVD, yoga online class, atau dengan memanggil yoga instruktur ke rumah.

sumber :  http://www.indotopinfo.com/dasar-dari-yoga-poses.htm

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda