Sunday, December 28, 2014

KENAPA LAMPU HARUS DIMATIKAN JIKA SEDANG TIDUR?

mati lampu........... hohohohohohoooooo, salah satu yang bikin kita jadi stress apalagi saat lagi ngerjain tugas, atau lagi makan........ pokokee...segala sumpah serapah bakalan bertebaran tuh dimulut.
tapi ada loh saat yang dianjurkan untuk mematikan lampu....... penasaran,,,,,,?......apagunanya.....? gunanya ya jelas hemat listrik, n' hemat biaya dong...... wkwkwkwkwk...... tapi sebetulnya ada yang lebih dari hanya sekedar hemat listrik dan hemat biaya.

Sebenarnya kegunaan mematikan lampu sebelum tidur itu lebih diutamakan bagi kesehatan,  lagian ini adalah anjuran dari Rasulullah lebih dari 14 abad yang lalu, bayangkan dari dulu yang jauh dari ilmu ilmu yang canggih hingga sekarang orang termasuk para ilmuwan ilmuwan hebat tidak mengetahui apa manfaatnya dari sabda yang diberikan oleh Rasulullah, Namun secara ilmiah sekarang baru terkuak kegunaannya setelah seorang Ahli biologi Joan Robert mengungkapkan bahwa "tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tidak ada cahaya. Hormon melatonin ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Orang yang tidur dalam kondisi gelap, maka tubuhnya bisa memproduksi hormon ini"


Rasulullah mensabdakan itu lebih dari 14 abad yang lalu. Ternyata, di abad modern ini baru diketahui manfaat medis dari tuntunan Rasulullah untuk memadamkan lampu ketika hendak tidur.

Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melatonin terhenti.

Pentingnya tidur di malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris. Peneliti menemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London juga menyatakan bahwa orang bisa menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.
 Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman” (HR.Muttafaq’alaih).

Subhanallah… demikian luar biasa tuntunan Rasulullah. Setelah berabad-abad, hikmah medisnya baru terungkap. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber  :
[Fauzia/detikislam]
http://goo.gl/5Bx6Ye

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda