Wednesday, February 4, 2015

Budi Gunawan Batal Dilantik, Ini 4 Jenderal Penggantinya


Budi Gunawan Batal Dilantik, Ini 4 Jenderal Penggantinya







Irjen Pol Dwi Prayitno dari Kapolda Metro Jaya menjadi Irwasum menggantikan Komjen Anton Bahrul Alam. Irjen Pol Unggung Cahyono dari Kapolda Jawa Timur menjadi Kapolda Metro Jaya. (VIVAnews/Ahmad Rizaluddin)

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo masih memiliki empat nama untuk menggantikan posisi calon Kapolri yang saat ini dipegang Komjen Pol Budi Gunawan, Empat jenderal itu kini bintang tiga.

Menurut Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Edu Saputra Hasibuan, pergantian nama calon Kapolri sangat mungkin dilakukan Presiden dan tidak ada kendala dalam menjaring nama menggantikan Budi Gunawan.

"Kompolnas telah memberikan sembilan nama, berikutnya lima nama calon Kapolri kepada Presiden sebagai bahan pertimbangan, jadi tidak ada kendala," kata Edi kepada VIVA.co.id, Rabu 5 Februari 2015.

Presiden masih memiliki empat dari lima nama calon Kapolri yang pernah diajukan Kompolnas.

"Lima itu termasuk BG, jadi masih ada empat dan semuanya adalah jenderal polisi yang menjabat di posisi jabatan bintang tiga," ujar Edi.

Empat nama itu di antaranya, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri Irjen Pol Dwi Prayitno, Wakil Kepala Polri Komjen Badroddin Haiti, Kepala Baharkam Polri Komjen Pol Putu Eko Bayu Seno dan Mantan Kabareskrim Komjen Pol Suhardi Aliyus.

"Presiden bisa memilih satu dari empat nama yang kita berikan," ujar Edi.

Sementara itu, Ketua Tim Independen Syafii Maarif menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo tidak akan melantik Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kapolri mengantikan Jenderal Sutarman.

"Ya, saya mendapatkan telepon dari Pak Presiden yang menyatakan tidak akan melantik BG sebagai Kapolri," ujar Syafii di Kampus UMY, Rabu 4 Februari 2015.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah tersebut menambahkan, mengenai siapa nantinya yang akan menggantikan Budi Gunawan merupakan hak Presiden Jokowi. Tim independen, katanya, tak memiliki kewenangan soal itu.

"Itu bukan kewenangan kita. Itu tugas Kompolnas untuk mengusulkan nama calon Kapolri," katanya. (one)


Sumber VIVA.co.id

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda