Monday, October 3, 2011

Jenis Mobil Ini Paling Aman dari Kecelakaan


Jenis Mobil Ini Paling Aman dari Kecelakaan

"SUV tidak lagi menjadi kendaraan yang mematikan bagi mobil lain."

Senin, 3 Oktober 2011, 12:40 WIB
Sandy Adam Mahaputra
VIVAnews - Mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) dan pikap menjadi mobil yang paling ditakuti oleh pengemudi lainya. Sebab, jumlah kematian pengemudi mobil kecil yang bertabrakan dengan SUV terbilang tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat yang dilansir The Wall Street Journal dan dikutip Caradvice, Senin 3 Oktober 2011, mengungkapkan, sepanjang 2000-2001 jumlah kematian akibat tabrakan dengan mobil jenis SUV mencapai 44 dari satu juta mobil yang terdaftar.

Namun, angka itu mengalami penuruan di tahun 2008-2009 lalu. Selama kurun waktu itu, tabrakan mobil lain dengan SUV tercatat hanya 16 kejadian dari satu juta mobil yang terdaftar.

Menurut para ahli di IIHS, penurunan itu terjadi berkat kemajuan rancang bangun struktur serta fitur keselamatan yang dipasang pada SUV. Tidak hanya itu,  bagian bodi telah dilengkapi crumple zone, sebuah teknologi tinggi yang mampu mengantisipasi risiko terburuk bila terjadi kecelakaan.

"Pada beberapa kasus kecelakaan terbukti, bumper SUV sejajar dengan jendela atau pintu kendaraan kecil, sehingga menimbulkan risiko fatal," bunyi laporan penelitian tersebut.

Namun, seiring dengan pengembangan teknologi yang dilakukan oleh produsen mobil serta imbauan dari lembaga atau organisasi keselamatan jalan raya struktur mobil seperti diubah. Hasilnya, sejak 2007 hampir 81 persen telah memiliki bumper yang lebih aman bagi kendaraan lain. "SUV tidak lagi menjadi kendaraan yang mematikan bagi mobil lain," kata Joseph M. Nolan, penyusun laporan IIHS.

• VIVAnews                                 

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda