Wednesday, April 4, 2012

Total: Lebih Murah, Kami Tak Saingi Pertamina

Nasional

Harga Pertamax-Pertamina naik jadi Rp10.200/liter, sementara di Total cuma Rp9.950.

Rabu, 4 April 2012, 07:07 WIB
Syahid Latif, Ronito Kartika Suryani 
 
VIVAnews - Kenaikan harga jual bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax hingga Rp10.200 per liter tak sepenuhnya menjadi berkah bagi pengelola stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) milik asing. Sebab, mereka umumnya bukan bersaing dengan PT Pertamina melainkan sesama SPBU asing.

"Kalaupun ada persaingan, kami bersaing dengan Shell bukan dengan Pertamina," kata staf SPBU Total Mampang Tendean, Apriyadi dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Selasa, 3 April 2012.

Dari pantauan wartawan VIVAnews di SPBU Total tersebut, memang masih sepi dari kunjungan konsumen. Hanya terlihat sebuah sepeda motor yang tengah mengisi bahan bakar.

Apriyadi mengatakan, selama ini jumlah konsumen Total relatif stabil dan tidak terpengaruh dengan kenaikkan harga minyak dunia maupun harga Pertamax. "Penjualan kami stabil," kata dia.

Selama ini Total, SPBU milik perusahaan asal Prancis, memang mematok harga sesuai pergerakan minyak mentah dunia. Diakui Total konsumen di Indonesia memang masih banyak yang menggunakan Pertamax dari Pertamina.

Penentuan harga jual BBM di Total biasanya diputuskan langsung dari kantor pusat di Fatmawati, Jakarta. "Kami terima surat elektronik dari pusat, kami menjalankan perubahan harga sesuai instruksi," kata Apriyadi.

Sementara itu, staf dari SPBU Shell di kawasan Talavera, Cilandak Town Square, Jakarta, Laura mengakui jumlah konsumen yang mengisi BBM di SPBU-nya selama ini terus bertambah. Namun, untuk BBM jenis diesel, justru mengalami penurunan. "Memang ada kenaikan, tapi jumlahnya tidak signifikan," kata Laura.

Berikut adalah perbandingan harga BBM antara Total, Shell, dan Pertamina:
Jenis BBM Shell Total Pertamina
Oktan 92 9.950 9.950 10.200
Oktan 95 10.350 10.350 10.300


• VIVAnews

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda