Wednesday, October 24, 2012

Yoga Pose untuk Ibu Hamil

Yoga Pose untuk Ibu Hamil

Yoga pose untuk ibu hamil merupakan salah satu bentuk latihan yoga dimana pose-pose nya dirancang aman untuk dilakukan oleh wanita hamil. Adapun yoga poses yang dilakukan bertujuan untuk memberikan relaksasi, memberikan latihan peregangan, melatih pernapasan, mengurangi ketidaknyamanan, meningkatkan hubungan yang terjalin antara ibu dan calon bayi, serta dapat membantu dalam mengurangi back pain yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Praktek yoga disaat sedang hamil memang dapat dilakukan dan merupakan salah satu latihan yang juga direkomendasikan untuk wanita hamil.
Yoga-Pose-untuk-Ibu-HamilYoga selama kehamilan dapat disesuaikan dengan setiap trimester kehamilan seperti melakukan yoga pregnancy first trimester; dimana dapat berperan besar dalam mendukung kebugaran calon ibu serta membantu dalam membangun kekuatan dan stamina selama menjalani masa kehamilan. Kelas yoga untuk wanita hamil umumnya tersedia di beberapa yoga studio dengan nama prenatal yoga class. Akan tetapi penting juga untuk mengecek kondisi kehamilan sebelum anda mengikuti kelas yoga, hal ini akan dapat membuat anda lebih mengetahui apakah janin anda sehat dan kuat. Dokter juga dapat memberikan rekomendasi beberapa jenis latihan yang dapat anda lakukan selama masa kehamilan.
Berlatih yoga tidak hanya dapat dilakukan oleh wanita hamil, tetapi untuk wanita yang sedang berusaha ingin hamil dapat mengikuti yoga for conception yang dapat memberikan manfaat dalam membantu untuk lebih rileks dan menurunkan tingkat stress sehingga membuat tubuh menjadi lebih siap dalam mempersiapkan kehamilan. Secara umum, anda dapat mengikuti kelas yoga untuk tujuan tertentu sesuai dengan ekspektasi yang anda inginkan seperti misalnya untuk anak-anak, maka sebaiknya mengikutsertakan kelas yoga for kids.
Khususnya untuk wanita hamil yang sebelumnya belum pernah mengikuti kelas yoga; sebaiknya anda mengikuti kelas prenatal yoga dengan adanya bimbingan dari instruktur. Instruktur yoga dapat mengoptimalkan hasil latihan yang anda lakukan, membimbing anda dalam melakukan yoga poses yang aman untuk dilakukan serta dapat memperbaiki postur badan anda dalam melakukan yoga poses. Dalam kelas yoga ini juga terdapat ibu hamil lainnya, sehingga disini anda juga dapat melakukan sosialisasi dengan teman-teman yang lain dan membangun semangat bersama dalam menjalani proses kehamilan.
Seiring dengan usia kehamilan, terjadi perubahan hormonal yang akan anda rasakan dan terkadang juga memberikan perubahan emosional pada diri anda. Pada first trimester misalnya, pada umumnya saat ini anda akan mengalami yang namanya morning sickness. Pada trimester selanjutnya juga mungkin anda akan menemukan perubahan yang lebih terlihat dari perubahan perut, rasa pegal yang dirasakan baik di back pain atau pun di pergelangan kaki. Oleh sebab itu, dalam melakukan latihan yoga juga sebaiknya dengarkan juga tubuh anda; di saat anda merasa belum bisa melakukan praktek yoga pose sebaiknya jangan terlalu dipaksakan. Instruktur yoga yang memang berpengalaman di bidang ini biasanya mengetahui juga yoga poses yang baik untuk dilakukan dan yoga poses yang sebaiknya tidak dilakukan oleh wanita hamil karena dapat membahayakan bagi anda dan calon bayi anda.
Beberapa contoh Yoga pose untuk ibu hamil yang aman dilakukan selama kehamilan adalah butterfly pose, cat and cow pose, triangle pose, seated forward bend,half moon pose, child pose, legs up the wall pose atau side angle pose. Masing-masing pose yang dapat dilakukan ini memberikan manfaat tertentu pada tubuh misalnya untuk butterfly pose; pose ini dilakukan untuk peregangan pada otot pinggul dan pangkal paha. Bagi wanita hamil yang merasakan sakit di pinggul dapat melakukan pose ini untuk mendapatkan posisi yang nyaman untuk duduk. Demikian juga terhadap cat and cow pose; pose ini dapat dilakukan untuk memperkuat dan melemaskan ketegangan di punggung. Selain itu juga dapat mendorong posisi janin agar optimal yang dapat berguna menjelang masa-masa kelahiran.
Yoga Pose untuk Ibu Hamil Beberapa modifikasi pada yoga poses juga dapat dilakukan jika memang dibutuhkan dan menggunakan alat bantu juga dapat dilakukan bila memang dapat membuat anda menjadi lebih rileks. Beberapa contoh yoga poses yang harus dihindari pada saat hamil adalah handstands, headstands, backbends, atau unsupported balancing poses. Tentu saja instruktur yoga yang berpengalaman mengetahui yoga poses yang seharusnya dihindari untuk dilakukan pada saat hamil sehingga anda pastinya lebih aman ketika berada dalam panduan instruktur yoga di prenatal yoga class.
Waktu yang tepat untuk memulai berlatih yoga pada saat hamil sebaiknya pada saat anda merasa siap. Hal ini tergantung dari kondisi fisik anda apakah dapat melakukan kegiatan di luar rumah pada saat awal kehamilan. Adapun tujuan dari melakukan Yoga pose untuk ibu hamil adalah membantu dalam memberikan relaksasi pada ibu hamil. Meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas, membangun kekuatan dan stamina untuk menjalani proses melahirkan. Selain melakukan yoga poses, prenatal yoga juga melakukan latihan pernapasan yang dapat memberikan rasa rileks dan rasa tenang selama menjalani masa kehamilan. Bagi wanita yang sebelumnya sudah pernah berlatih yoga, maka pada masa awal kehamilan biasanya mereka dapat langsung melakukan prenatal yoga poses bahkan di rumah dengan menggunakan prenatal yoga DVD; dengan pertimbangan mereka telah memiliki pengetahuan tentang yoga poses dan telah melatih beberapa gerakan sebelumnya.
Berlatih prenatal yoga poses secara rutin dapat membantu anda lebih siap baik secara pikiran dan tubuh dalam menghadapi proses melahirkan. Yoga membantu anda lebih focus, mengurangi tingkat stress, mengurangi nyeri punggung, sakit kepala dan memperkuat otot-otot yang diperlukan dalam melahirkan. Selama mengikuti kelas yoga, pastikan agar anda membawa perlengkapan yang anda butuhkan. Bawalah botol air agar anda tidak mengalami dehidrasi selama berlatih. Pastikan agar anda banyak minum air setelah kelas selesai. Sebelum mulai melakukan yoga pose, lakukan dulu yoga warm up pose untuk membuat tubuh lebih siap untuk melakukan pose selanjutnya.

 sumber : http://www.indotopinfo.com/yoga-pose-untuk-ibu-hamil.htm

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda