Wednesday, October 24, 2012

Pose-pose Yoga untuk Pemanasan atau Warm up di Yoga

Pose-pose Yoga untuk Pemanasan atau Warm up di Yoga

Setiap sebelum berolah raga, biasanya dilakukan beberapa gerakan sebagai pemanasan. Hal ini dilakukan agar tubuh siap secara fisik dan juga agar terhindar dari resiko cedera. Sama seperti olah raga lainnya, demikian juga saat berlatih yoga; sangat penting untuk melakukan sesi pemanasan di awal. Pemanasan juga dapat membuat tubuh anda menjadi lebih siap untuk melakukan yoga poses yang lebih sulit pada saat 1 sesi latihan. Pose-pose yoga untuk pemanasan dengan beberapa peregangan dapat dilakukan sambil berdiri dan juga duduk. Setiap anda mengikuti kelas yoga biasanya akan ada sesi pemanasan di awal, akan tetapi ada baiknya juga agar anda mengetahui beberapa pose-pose yoga untuk pemanasan yang sederhana untuk dilakukan dan dapat membuat anda siap untuk berlatih.
Dengan mengetahui beberapa dasar dari gerakan pemanasan, anda dapat menerapkannya pada saat berlatih yoga ketika anda berada di rumah atau pada saat traveling. Setiap studio yoga mungkin memiliki cara yang berbeda dalam melakukan pemanasan, urutan pose pada umumnya dimulai dengan melakukan pose sederhana kemudian dilanjutkan dengan pose yang lebih sulit, kemudian diakhiri dengan pose lebih sederhana dengan melakukan pendinginan. Serangkaian yoga postur biasanya berbeda tergantung dari jenis yoga yang dilakukan. Aspek yang penting untuk dilakukan sambil melakukan pose yoga adalah proses bernapas; focus pada pernapasan selalu dilakukan untuk membuat anda selalu mendapatkan cukup oksigen bahkan ketika melakukan pose-pose yoga. Berikut beberapa pose-pose yoga untuk pemanasan yang dapat dilakukan sebelum praktek.
Peregangan awal yang dapat dilakukan dimulai dari yang ringan-ringan terlebih dahulu dimana yang pertama dilakukan adalah peregangan pada leher. Peregangan pada leher dapat membuat anda lebih santai dan meredakan ketegangan pada leher; meredakan ketegangan yang anda rasakan dari efek stress,dll. Peregangan pada leher dapat juga dilakukan bersamaan dengan melakukan yoga asanas; diantaranya lotus pose atau mountain pose. Anda dapat memilih untuk melakukan peregangan leher pada posisi berdiri atau duduk; memang ini merupakan suatu pose pemanasan yang sederhana. Anda hanya perlu melakukan beberapa gerakan seperti meletakkan posisi kepala ke samping bahu kanan, kemudian berpindah ke bahu kiri, maju ke depan dengan mendekatkan dagu ke dada, serta menghadap ke atas dan menghadap langit-langit. Selama melakukan gerakan ini anda juga harus focus pada pernapasan, sehingga ini bisa membuat otot-otot leher anda menjadi lebih santai.
Peregangan lainnya seperti peregangan bahu juga dapat dilakukan sebagai pemanasan. Melakukan peregangan bahu sambil fokus pada pernapasan juga dapat menghilangkan ketegangan yang dirasakan pada punggung bagian atas, bahu, serta bagian leher. Peregangan ini juga dapat dilakukan sambil melakukan yoga poses; jadi bisa dilakukan pada saat anda duduk atau bahkan pada saat berdiri. Melakukan peregangan bahu pada saat melakukan easy pose juga dapat dengan mudah diterapkan.
Peregangan lengan; peregangan lengan penting dilakukan dan menjadi salah satu persiapan agar anda siap untuk melakukan sesi yoga. Peregangan lengan dapat juga dilakukan bersamaan dengan menggerak-gerakkan tangan anda; hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di tubuh dan jantung. Peregangan ini juga dapat membuat anda rileks dan mengurangi ketegangan dari bahu dan leher.
Beberapa dasar dari pose yoga dapat dilakukan sebagai salah satu pilihan untuk pose-pose yoga untuk pemanasan:
Pemanasan pada yogaChild pose; pose ini dilakukan untuk membuat anda lebih rileks dan membangkitkan hubungan antara tubuh dan napas anda. Peregangan tidak hanya pada lengan, tetapi juga pada punggung, leher dan kepala.
Pemanasan pada yogaCat pose; pose ini dapat dilakukan untuk membantu memberikan stretching pada tulang belakang dan meredakan ketegangan yang dirasakan pada punggung. Cat pose dilakukan dengan cara meletakkan tangan dan lutut di lantai; kemudian posisi punggung dilengkungkan ke atas, posisi perut masuk ke dalam. Gerakan ini dapat dilakukan dengan sinkronisasi pada napas.
Pemanasan pada yogaPose kupu-kupu; posisi ini dilakukan dengan kedua kakinya duduk posisi; membungkuk dengan kedua telapak kaki menyentuh satu sama lain. Di sini kaki Anda terlihat kupu-kupu sayap bentuk, dengan memegang jari kaki maka sejalan Anda kembali. Bergerak lutut Anda naik dan turun untuk beberapa saat. Di sini Anda akan merasa setiap peregangan otot paha dan belakang paha.
Beberapa pose-pose yoga untuk pemanasan di atas dapat dilakukan meskipun ada gerakan lain yang dapat menjadi pilihan lain dalam melakukan pemanasan. Berlatih yoga mungkin terlihat sederhana, tetapi pemanasan sangat penting juga untuk dilakukan untuk menghindari resiko cedera. Jika anda tidak melakukan pemanasan, anda juga bisa mendapatkan cedera bila yoga poses yang dilakukan salah posisi. Jika pemanasan dilakukan sebelum berolah raga, maka setelah selesai olah raga pendinginan juga penting untuk dilakukan. Dalam prakteknya, biasanya ada yoga poses yang dilakukan sebagai salah satu posisi yang dapat menjadi pendingin. Salah satunya pose relaksasi yang sering dilakukan dapat ditemui pada saat akhir sesi yoga.


sumber : http://www.indotopinfo.com/pose-pose-yoga-untuk-pemanasan.htm

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda