Wednesday, October 24, 2012

Yoga di Kursi

Yoga di Kursi

Yoga di kursi merupakan jenis yoga yang mempraktekkan cara yang lembut dengan menggunakan kursi sebagai alat pendukung yang bertujuan untuk melakukan variasi yoga pose yang sederhana, meditasi, dan latihan pernapasan. Melakukan yoga dengan kursi ini dapat dilakukan dan lebih sesuai untuk orang tua atau senior, orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, atau gangguan neurologis. Seperti yang kita ketahui, praktek yoga dapat dilakukan oleh segala usia ataupun dalam kondisi kesehatan tertentu; oleh sebab itu untuk para senior yang tetap ingin berlatih yoga dapat menerapkan yoga di kursi ini sebagai alat pendukung yang bertujuan untuk membantu mereka agar tetap bisa berlatih yoga.
melakukan pose yoga di kursiWalaupun kebanyakan para praktisi yoga di kursi ditujukan untuk senior, tetapi bukan berarti jenis yoga ini merupakan yoga for seniors only. Ada beberapa kategori orang-orang yang dapat menerapkan latihan yoga ini, seperti misalnya orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan, orang-orang yang memiliki masalah kesehatan seperti misalnya baru mengalami kecelakaan, trauma, ataupun nyeri sendi seperti arthritis. Apakah ini berarti jenis yoga ini tidak bisa dilakukan oleh orang-orang yang lebih muda? Tidak juga karena bagi para kawula muda pun dapat mempraktekkan yoga ini di sela-sela aktivitas mereka misalnya jika berada di kantor. Pilihan yoga ini merupakan salah satu alternative cara yang baik untuk melatih tubuh anda di sela-sela padatnya kesibukan anda dalam bekerja.
Manfaat yang didapat sebenarnya tidak hanya dari sisi fisik saja, bila yoga ini dilakukan secara berkelompok akan memberikan dampak positif dalam sisi mental serta sosialisasi terutama bagi orang-orang yang mengalami trauma, memiliki kondisi kesehatan yang sama, atau para senior. Ini dapat membuat mereka lebih dapat berinteraksi dengan sesamanya dan tidak merasa dikucilkan atau dijauhi. Jika manfaat yoga secara umum memberikan manfaat kesehatan, maka dampak positif lainnya dari yoga yang dapat ditekankan adalah dari sisi social nya.
Seiring dengan masing-masing kesibukan yang kita jalani pada saat dewasa, membuat kita menjadi individu yang lebih mandiri dan terkadang lupa untuk meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Pekerjaan menjadi salah satu alasan yang utama dalam menghabiskan waktu kita sehari-hari. Oleh sebab itu, ada baiknya kita menyediakan waktu luang untuk mengikuti kelas yoga untuk memberikan suasana yang berbeda dan juga membuat tubuh menjadi lebih fit dan bugar.
yoga-di-kursiBerlatih yoga dengan menggunakan kursi dilakukan dengan melakukan pose-pose yoga yang lembut yang bertujuan untuk mengurangi ketegangan dan dapat membuat otot-otot pada leher, punggung, bahu menjadi lebih rileks. Para senior yang biasanya memiliki kondisi kesehatan tertentu dan memerlukan alat pendukung untuk berjalan dapat melakukan yoga untuk membuat tubuh mereka lebih fit serta dapat meningkatkan gairah hidup mereka karena berada di lingkungan yang sama dengan mereka dan berinteraksi dengan orang-orang yang seumuran dengan mereka. Tentu saja ketika melakukan latihan, sebaiknya dilakukan dengan adanya bimbingan dari instruktur yoga yang berpengalaman.
Beberapa peregangan dan dasar yoga asanas yang dapat dilakukan dengan alat bantu kursi adalah:
  • Neck stretch; melakukan peregangan pada leher dapat dilakukan pada posisi berdiri ataupun pada posisi duduk. Pada saat posisi duduk, sebaiknya dilakukan dalam kondisi posisi duduk anda dalam keadaan seimbang. Secara perlahan-lahan, tempatkan tangan anda di atas kepala dan tarik kepala anda ke kanan ke arah bahu kanan, rasakan peregangan yang terjadi. Tahan posisi ini selama kurang lebih beberapa saat. Kemudian kembali ke posisi semula dan lakukan hal yang sama untuk posisi sebaliknya.
  • Seated Twist; pose ini dapat dilakukan di kursi dengan sedikit modifikasi dimana anda duduk dengan posisi menyamping dari kursi (tidak bersender pada kursi). Selanjutnya anda dapat memutar tubuh bagian atas ke kanan secara perlahan dengan posisi tangan berada di pegangan kursi bagian atas. Peregangan akan dirasakan pada otot punggung atas dan bawah. Hal ini juga dilakukan untuk posisi sebaliknya dengan masing-masing dilakukan selama beberapa saat.
  • Chest stretch; melakukan peregangan dada di kursi dapat dilakukan dengan posisi duduk anda maju ke depan ujung kursi (tetap di dalam posisi yang aman), kemudian posisi tangan berpegang pada bagian belakang kursi dan kemudian secara perlahan posisi dada maju ke depan. Atur napas anda dan rasakan peregangan yang dirasakan pada dada anda.
  • Breathing exercises; latihan ini dapat dilakukan juga pada latihan yoga pada umumnya. Latihan pernapasan dilakukan untuk memberikan efek rileks dan pikiran yang tenang. Rasakan dengan penuh kesadaran pada saat anda menarik napas dan pada saat anda mengeluarkan napas. Ada beberapa yoga breathing exercises yang dapat dilakukan dan sebaiknya anda juga didampingi oleh instruktur yoga pada saat melakukannya.
Beberapa yoga asanas dapat juga dilakukan di kursi tentunya dengan adanya modifikasi. Jika anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang membutuhkan penanganan lebih sebaiknya anda didampingi oleh yoga instruktur; anda dapat melakukan beberapa pose yoga yang memang dapat dilakukan untuk kondisi kesehatan tertentu. Hal ini juga tentunya untuk mengurangi resiko cedera.
Bimbingan dari seorang yoga instruktur memang penting pada saat anda baru bergabung dan berlatih yoga; hal ini juga bertujuan agar pada saat melakukan yoga posisi anda sudah benar baik dalam kesejajaran maupun dalam mempertahankan suatu posisi. Disini juga tidak ada factor kompetisi, sehingga sesama praktisi dapat saling membantu dan saling belajar satu sama lain dengan melakukan pengamatan pada saat melakukan yoga pose. Dengan adanya partisipasi dalam satu group akan memberikan manfaat dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi serta meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang berpartisipasi dalam latihan tersebut.
Bagi anda yang berlatih yoga di kursi di sela-sela padatnya rutinitas kerja sebagai salah satu alternatif pose yoga untuk di kantor, anda juga bisa mengajak rekan-rekan anda yang lain untuk meluangkan waktu kurang lebih 10-15 menit untuk melakukan latihan yoga secara bersama-sama. Tentunya ini akan meningkatkan hubungan anda bersama dengan rekan kerja serta meningkatkan stamina dan semangat kerja lagi.

sumber :  http://www.indotopinfo.com/yoga-di-kursi.htm

No comments:

terima kasih

atas kunjungan anda